Yuk Belajar Tentang Apa Itu Literasi Digital !

 Hai buddies, siapa sih disini yang belum tau tentang apa itu literasi digital?. Nah bagi kalian yang belum tau, aku akan jelasin sedikit ni tentang apa itu literasi digital.


 sumber : kompas.com


Literasi Digital adalah pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Nah di dalam Literasi Digital sendiri itu dibagi menjadi 4, yaitu ada Digital Skill, Digital Culture, Digital Ethic dan Digital Safety.

Mari kita bahas satu satu yuk buddies, apa yang dimaksud dengan ke empat digital tersebut.

1. Digital Skill

Digital skill merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan dan memanfaatkan teknologi perangkat digital untuk mengakses dan mengelola informasi. dengan semakij berkembangnya teknologi sekarang ini, digital skill sangat berpengaruh untuk menjadi suatu kemampuan yang sangat penting dimiliki. 

Apalagi saat ini banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan transformasi digital, yang berarti dimana kesempatan untuk menjalani profesional dengan digital skill juga sangat terbuka lebar dibanding beberapa tahun yang lalu.


2. Digital Culture

Digital culture merupakan suatu hal yang membentuk cara kita sendiri untuk berinteraksi, berperilaku, berpikir dan berkomunikasi dalam lingkungan masyarakat yang menggunakan teknologi internet.

 Culture / budaya sendiri dapat terbentuk dalam beberapa unsur. Yaitu sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian atau penampilan, karya seni dan lainnya.


sumber : kronologi.id


3. Digital Ethic

Digital ethic atau etika digital merupakan kemampuan menyadari, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari hari, tanpa etika akan banyak kerugian yang ditimbulkan karena pengaduh teknologi.

Etika digital sendiri sangat relevan dan bisa dipraktekan oleh warga indonesia, adanya etika dalam teknologi dapat mengatur batasan sikap dan perilaku seseoranh di media digital tersebut. dan hal ini juga dapat mengurangi tindakan berita bohong (hoaks), pelecehan seksual dan ujaran kebencian.


4. Digital Safety

Digital safety atau keamanan digital merupakan kemampuan user (pengguna) dalam mengenali, menerapkan, menganalisis, menimbang dan meningkatkan kesadaran pelindungan data pribadi dan keamanan digital dalam kehidupan sehari hari. 

Ibarat aset dunia nyata, aset digital juga perlu dijaga. karena penting dan bergarga, seperti halnya dengan kita menjaga dompet, smartphone dan kendaraan kita yang perlu dijaga. nah disinilah pentingnya keamanan digital dalam mengakses informasi dan komunikasi di internet.


sumber : digitalbisa


Nah itu dia buddies, ke 4 bagian dalam literasi digital. dan kalau dilihat lagi dari ke 4 bagian tersebut saling berhubungan satu sama lainnya ni buddies. dan semoga juga informasi yang aku berikan ini bermanfaat juga yaa buddies buat kalian semua hehe terimakasihh :)


Sumber : kompas.com, digitalbisa.id



0 komentar